Kendal Raih Predikat WTP Enam Kali Berturut-turut

Bupati Kendal menerima sertifikat predikat WTP TA 2021. /KENDALKAB.GO.ID

Kendal- Pengelolaan keuangan pemerintah daerah sudah sewajarnya dilakukan dengan cara yang akuntabel dan transparan serta memenuhi aspek pengelolaan yang baik. Dengan pengelolaan anggaran yang baik, maka kebijakan yang direncanakan tidak akan menimbulkan masalah terkait penyalahgunaan keuangan.

Pemerintah Kabupaten Kendal kembali diganjar Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang keenam kalinya secara berturut-turut sejak tahun anggaran 2016. Terbaru Predikat WTP diberikan pada Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2021 pada Jumat, 8 April 2022. Penyerahan dilakukan di Aula Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jawa Tengah di Kota Semarang.

Pencapaian Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) menjadi sebuah capaian yang patut dibanggakan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal sebagai bukti pengelolaan keuangannya telah sesuai standar yang ditentukan terlebih dicapai hingga beberapa kali. Predikat WTP menjadi pencapaian kinerja Pemerintah Daerah yang dilakukan secara bersama oleh seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang memiliki komitmen dalam menyusun laporan keuangan yang sistemable, tertib aturan sehingga dapat memenuhi akuntabilitas publik atas seluruh kegiatan pemerintah, mulai dari perencanaan kebijakan, pelaksanaan hingga evaluasi.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto dalam acara penyerahan laporan LKPD turut didampingi Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kendal, Ir. Sugino, M.T., Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kendal, Muhammad Makmun, S.H.I., dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kendal terkait. Rombongan Pemerintah Kabupaten Kendal diterima langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Tengah, Ayub Amali beserta jajarannya.

Bupati Dico usai kegiatan tersebut mengucapkan rasa syukur karena hasil yang dicapai Pemerintah Kabupaten Kendal yang kembali menerima Predikat WTP untuk tahun 2021. Penghargaan yang diperoleh untuk keenam kalinya secara berturut-turut menunjukkan kinerja yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kendal beserta pihak terkait tetap konsisten berada pada level yang terbaik yang mampu dilakukan.

Pemerintah Kabupaten Kendal dalam menerima Predikat WTP tahun ini memiliki perbedaan dibanding tahun-tahun sebelumnya, yaitu menjadi daerah yang pertama melaporkan LKPD tahun 2021. Sebuah terobosan dan inovasi yang patut untuk diapresiasi dan dibanggakan tentunya.

“Ini menunjukkan bahwa kita sangat serius dalam melaksanakan administrasi di Pemerintah Kabupaten Kendal, dan belajar membiasakan diri untuk mengerjakan dengan secepat-cepatnya, dengan harapan mudah-mudahan ini menjadi motivasi untuk kedepan terus mendapatkan WTP,” tutur Bupati Kendal.

Bupati Dico juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Jawa Tengah, yang mana telah banyak memberikan masukan dan saran, dan InsaAllah Pemerintah Kabupaten Kendal kedepannya akan lebih maju dan lebih baik lagi.

Ketua DPRD Kabupaten Kendal, H Muhammad Makmun turut memberikan ucapan selamat atas capaian Pemerintah Kabupaten Kendal yang kembali memperoleh Predikat WTP dari BPK RI untuk keenam kalinya yang disandang sejak LKPD Tahun Anggaran 2016 hingga terbaru tahun 2021.

Menurut Ketua DPRD, Predikat WTP bukan berarti LKPD yang dilaporkan sudah sempurna tanpa ada celah dan tidak ada permasalahan. Tentunya masih terdapat rekomendasi yang diberikan BPK RI untuk catatan agar dilakukan perbaikan, hanya saja catatan itu bersifat minor dan tidak signifikan.

Keberhasilan memperoleh Predikat WTP ditegaskan oleh Ketua DPRD tidak terlepas dari sinergitas yang baik antara legislatif dan eksekutif. Baik DPRD maupun Pemerintah Kabupaten Kendal dinilai telah mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

“Yang mana pimpinan dan anggota DPRD mampu menjalankan fungsi dan kewenangannya dalam hal pengawasan, budgeting dan legislasi. Demikian halnya dengan jajaran Pemkab Kendal yang mampu bekerja secara efektif dan efisien sesuai prinsip pengelolaan pemerintahan yang baik,” ucapnya.

“Semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi legislatif maupun eksekutif untuk terus bekerja lebih baik lagi,” pungkasnya.

Sumber: https://www.kendalkab.go.id/berita/id/20220408003/menjadi_pelapor_pertama_lkpd_tahun_2021_pemkab_kendal_kembali_terima_wtp

https://dprd.kendalkab.go.id/berita/id/20220408001/kendal_kembali_peroleh_predikat_wtp_ke_6_dari_bpk_ri

 

 

Add Comment