Kendal Karier, Inovasi Pemkab Turunkan Angka Pengangguran

Bupati Kendal pimpin rakor penurunan tingkat pengangguran terbuka./ KENDALKAB.GO.ID

Kendal- Pemerintah Kabupaten Kendal tengah serius menekan angka pengangguran yang ada di daerah tersebut. Perhatian untuk menekan angka pengangguran terutama di situasi yang ada saat ini perlu dilakukan dengan langkah strategis dan taktis. Dengan memastikan agar semua masyarakat mendapat akses untuk memperoleh pekerjaan, nantinya akan berdampak pada meningkatnya tingkat kesejahteraan masyarakat secara umum.

Pada hari Senin (4/4/2022) Pemerintah Kabupaten Kendal mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Penurunan Tingkat Terbuka yang dilaksanakan di Pendopo Tumenggung Bahurekso. Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto tersebut merupakan agenda yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kendal.

Kegiatan Rakor tersebut diikuti 70 pengusaha yang berasal dari kelas usaha menengah ke atas yang berada di luar kawasan industri Kendal (KIK). Komunikasi dan koordinasi dengan pengusaha selaku pihak yang membutuhkan tenaga kerja perlu difasilitasi oleh pemerintah dalam memberikan ruang gerak yang sesuai antara tenaga kerja yang dibutuhkan dengan potensi tenaga kerja yang tersedia.

Pentingnya inovasi dalam berbagai kebijakan pemerintah yang nantinya dapat dirasakan masyarakat luas dampaknya menjadi prioritas utama yang harus dikejar di tengah era teknologi informasi sekarang. Seperti yang saat ini dilakukan Pemerintah Kabupaten Kendal yang sedang melakukan pengembangan pada aplikasi Kendal Karier. Aplikasi Kendal Karier masih menurut Bupati Dico nantinya akan terintegrasi dengan sistem bahkan hingga tingkat desa.

“Saat ini terdapat aplikasi Kendal Karier yang sedang dalam tahap penyempurnaan dari pihak Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, aplikasi ini akan terintegrasi hingga desa, dusun bahkan RT. Intinya aplikasi ini akan memberikan gambaran tentang pemetaan lapangan pekerjaan yang ada di Kabupaten Kendal, termasuk menjadi benefit dari segi pelaku usaha dan pemerintah,” ujar Dico M. Ganinduto.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Bupati Kendal bahwa Pemerintah Daerah telah melakukan kerja sama dengan Kementerian Perindustrian dalam hal pemberian pelatihan kerja. Dengan adanya pelatihan tersebut membuat persoalan yang menjadi kebutuhan para pelaku usaha dapat terpenuhi.

Ketersediaan lapangan kerja seringkali tidak diimbangi dengan kualifikasi tenaga kerja yang memadai, sehingga industri yang ada merekrut tenaga kerja dari luar daerah. Hal demikian perlu diantisipasi dengan menyiapkan mutu tenaga kerja yang baik melalui berbagai program terkait meningkatkan kualitas kemampuan tenaga kerja.

Angka Pengangguran Meningkat

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kendal Cicik Sulastri menyampaikan bahwa di Kabupaten Kendal perlu dilakukan upaya penurunan angka pengangguran terbuka, adapun data yang diterima menunjukkan bahwa jumlah lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan jumlah pengangguran yang ada.

“Tahun 2020 berkisar 31.600 orang kemudian meningkat menjadi 40.000 orang menganggur pada tahun 2021, tentunya lapangan pekerjaan saat ini tidak sebanding dengan jumlah pengangguran. Hal ini juga yang menyebabkan tingginya angka pengangguran,” jelas Cicik Sulastri.

Ditargetkan nantinya pada tahun 2022 akan ada sekitar 40.000 tenaga kerja yang dapat terserap dengan baik yang berasal dari sektor industri yang ada di dalam kawasan maupun di luar kawasan.

Peran dan tanggung jawab dari masing-masing pihak yang terlibat dalam penggunaan Aplikasi Kendal Karier, di antaranya adalah peran Pemerintah Kabupaten Kendal yaitu menyediakan data pencari kerja, menerima data kebutuhan tenaga kerja dan pelatihan dari pelaku usaha, melaksanakan pelatihan, dan menyalurkan calon tenaga kerja pasca pelatihan.

Sedangkan peran dari pelaku usaha atas penggunaan aplikasi Kendal Karier adalah menyampaikan data kebutuhan tenaga kerja dan kebutuhan pelatihan calon tenaga kerja melalui aplikasi, menyeleksi calon tenaga kerja melalui “Kendal Karier”, menerima calon tenaga kerja kompeten pasca pelatihan, dan melaporkan penempatan tenaga kerja kepada Pemerintah Kabupaten Kendal.

Sumber: https://www.kendalkab.go.id/berita/id/20220404001/aplikasi_kendal_karier_menjadi_inovasi_pemkab_turunkan_angka_pengangguran

Add Comment