Pemkab Kendal Berkomitmen Dukung Pelaku Pariwisata

Kegiatan Diskusi Ngopi Bareng Bupati Kendal./KENDALKAB.GO.ID

Kendal- Geliat pengembangan pariwisata terus menjadi tema dalam berbagai upaya meningkatkan kemajuan suatu daerah. Diketahui pariwisata menjadi sektor yang dapat dioptimalkan untuk menunjang pendapatan daerah maupun perekonomian rakyat secara lebih luas. Wajar bila kemudian banyak pemerintah di berbagai level berupaya secara maksimal mengangkat pariwisata yang ada di wilayahnya.

Disadari atau tidak tumpuan perekonomian di era kemajuan teknologi dan perkembangan zaman yang berjalan sangat cepat ini menempatkan sektor pariwisata sebagai bagian penting di dalamnya. Banyak upaya promosi dilakukan sedemikian rupa guna menarik pengunjung berdatangan dan membelanjakan uangnya di tempat wisata.

Kedatangan wisatawan menjadi berkah tersendiri bukan hanya pengelola tempat wisata yang dikunjungi, tetapi juga area sekitarnya dengan catatan dapat memanfaatkan peluang yang ada. Ketika tempat wisata ramai dikunjungi tentu akan membuka kanal-kanal perekonomian baru yang berdampak pada masyarakat sekitar. Hal ini tentu menjadi harapan dan kebanggaan tersendiri bagi daerah yang memiliki tempat wisata yang dapat dikembangkan.

Kemauan untuk menghadirkan tempat wisata kekinian atau dibuat lebih menarik sehingga menjadi viral semacam memberi efek berkelanjutan dalam makna positif. Tempat wisata yang tiba-tiba ramai atau dalam momentum tertentu menjadi ramai akan menarik lebih banyak wisatawan apabila memberikan kesan yang baik. Demikian pula sebaliknya apabila wisatawan mendapatkan kesan yang kurang baik biasanya akan menularkan kepada yang lainnya.

Dukungan Pemerintah

Kebijakan pemerintah dalam memberikan dukungan terhadap pengembangan potensi pariwisata terus dinantikan hasilnya. Perlu untuk juga diperhatikan adalah kebijakan di sektor pariwisata tetap memperhatikan industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat merasakan manfaatnya terlebih apabila dapat berkolaborasi dengan baik.

Melalui kegiatan-kegiatan seperti menyelenggarakan event di daerah atau dialog tentang membaca potensi pengembangan pariwisata banyak dilakukan pemerintah daerah. Tujuannya selain menghadirkan peluang pengembangan wisata juga untuk membuka wawasan bersama tentang pentingnya langkah-langkah strategis dalam mengelolala industry pariwisata yang berkelanjutan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal baru saja menggelar kegiatan dialog yang dikemas dengan judul “Ngopi Bareng Bersama Bupati” dengan mengangkat tema “Strategi Pengembangan Pariwisata Kendal”. Kegiatan tersebut digelar di Tempat Wisata Omahe Opa di Kecamatan Patean, pada hari Minggu (20/3/2022).

Hadir dalam acara tersebut bersama Bupati Kendal Dico M Ganinduto, di antaranya Pj. Sekda Kabupaten Kendal Sugiono, Plt. Kepala Disporapar Kabupaten Kendal Ircham, Kepala Diskominfo Kabupaten Kendal Wiwit Andariyono, dan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, serta diikuti oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Kendal, para Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Kendal, pelaku UMKM Kabupaten Kendal, dan para pegiat wisata lainnya di Kabupaten Kendal.

Pj Sekda Kabupaten Kendal Sugiono dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan yang pertama dilaksanakan di tahun 2022. “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama dilaksanakan di tahun 2022, yang bertujuan untuk lebih mengembangkan potensi destinasi wisata di Kabupaten Kendal, agar kedepan lebih baik dan maju lagi”.

Kegiatan yang bermanfaat bagi pengembangan pariwisata perlu terus untuk dilaksanakan tujuannya antara lain untuk menyerap aspirasi dari para pegiat wisata di Kabupaten Kendal. Selain itu juga untuk mensinergikan stakeholder terkait, sebab memajukan pariwisata memerlukan kerjasama yang baik dari semua pihak.

Sementara itu, Bupati Dico juga menyampaikan capaian sektor pariwisata di Kabupaten Kendal yang terus meningkat. “Di tengah pandemi sudah mengalami peningkatan, hal ini dikarenakan destinasi sudah mulai berkembang. Jadi kita optimis ketika nanti pandemi selesai, pariwisata di Kabupaten Kendal bisa lebih maju,” jelasnya.

Kebijakan Pemkab Kendal di sektor pariwisata berfokus pada tiga pengembangan wisata, yaitu pariwisata agro, bahari dan religi. Menurut data yang ada, pariwisata di Kabupaten Kendal sudah mengalami peningkatan setidaknya terhitung dalam dua tahun terakhir. Wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Kendal pada 2020 sekitar 420 ribu, kemudian meningkat menjadi 499 ribu di tahun 2021. Target yang ingin dicapai Pemkab Kendal pada tahun 2022 yaitu mencapai 600 ribu wisatawan.

Kolaborasi Pegiat Wisata

Kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi wisata juga perlu melibatkan berbagai pihak agar wisata yang dikelola dapat terus berkembang. Karena wisata yang tidak mau berkolaborasi dapat termakan oleh keadaan. Sebagai contoh misalnya tempat wisata yang memiliki wahana yang bagus dan baik, tetapi dengan area sekitarnya tidak mampu bekerjasama dengan baik sehingga misalnya lahan parkirnya kurang terfasilitasi secara memadai.

Ada pula tempat wisata yang akses jalannya kurang memadai untuk dilalui kendaraan ataupun untuk sampai ke lokasi wisata sangat jauh karena jangkauan kendaran tidak bisa mendekati tempat wisata. Hal demikian akan mempengaruhi minat pengunjung untuk datang kembali ataupun untuk datang pertama kali menjadi enggan karena mendengar kesan dari wisatawan lain.

Bupati Dico juga menyampaikan kesiapan Pemkab Kendal untuk berkolaborasi dengan semua pihak, seperti dengan PHRI, Pokdarwis dan para pegiat pariwisata di Kabupaten Kendal demi kemajuan pariwisata yang ada di Kabupaten Kendal.

“Kita akan terus berkolaborasi dengan semua pihak, baik penggerak maupun pegiat pariwisata di Kabupaten Kendal, dan mengintegrasikan antara pariwisata yang dikelola oleh pihak desa, swasta maupun yang dikelola oleh Pemkab Kendal, dengan harapan bisa saling mensupport, karena Pemkab Kendal fokus dengan pengembangan pariwisata, sehingga pasti kita akan mensuport para pelaku usaha yang akan mengembangkan pariwisata di Kabupaten Kendal,” tutur Bupati Dico.

Dukungan lainnya terhadap pariwisata juga disampaikan Bupati Dico yang berjanji akan memfokuskan pembenahan pada infrastruktur menuju lokasi destinasi wisata. Selain itu juga memberikan support pada para pelaku usaha, sehingga nantinya akan lebih banyak lagi wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke Kabupaten Kendal.

Acara tersebut dikemas melalui diskusi dua arah antara Bupati Kendal dengan para pegiat pariwisata di Kabupaten Kendal. Selain itu dilakukan juga penyerahan hadiah lomba “Ngegombal Bupati Kendal” yang diselenggarakan oleh Jurnalis Kendal (Jurnal) yang diadakan pada bulan lalu. Hadiah untuk masing-masing pemenang diserahkan langsung oleh Bupati Kendal.

Sumber: https://www.kendalkab.go.id/berita/id/20220320001/acara_ngopi_bareng_bupati_pemkab_kendal_support_pelaku_pariwisata

Add Comment