Membangun Kendal Handal, Unggul, Makmur dan Berkeadilan

Bupati Kendal memberikan apresiasi dalam turnamen bola voli./https://www.kendalkab.go.id/

Kendal Handal, Unggul, Makmur dan Berkeadilan adalah visi yang dibawa oleh Bupati Dico M Ganinduto dan Wakil Bupati Windu Suko Basuki dalam Pilkada 2020 Kabupaten Kendal. Visi tersebut jelas ingin diwujudkan oleh duet Bupati dan Wakil Bupati yang menjabat dalam tempo waktu relatif singkat ini.

Sebagaimana diketahui agenda pilkada serentak akan kembali digelar pada 27 November 2024, termasuk kursi kepala daerah Kabupaten Kendal juga akan kembali diperebutkan. Visi tersebut jelas bertujuan untuk menghadirkan kemajuan di Kabupaten Kendal dan dapat dirasakan dampaknya bagi seluruh masyarakat Kendal.

Adapun fokus dari visi tersebut sebagaimana yang disampaikan Bupati Dico berorientasi pada Empat pilar pembangunan yaitu pertama adalah sektor industri, kedua adalah sektor pariwisata, ketiga adalah bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), dan keempat pengembangan sumber daya manusia (SDM) berkualitas di era generasi 4.0.

Bupati Dico menyampaikan hal tersebut ketika menghadiri kegiatan pertandingan bola voli bertajuk Turnamen Bola Voli Lanji Voli Club (LVC) yang diselenggarakan di Lapangan LVC Desa Lanji, Kecamatan Patebon, pada Minggu, 13 Maret 2022.

Hadir mendampingi Bupati Dico, ada Pj. Sekda Kendal Sugiono, serta para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Camat Patebon beserta Kepala Desa se Kecamatan Patebon.

Sosok bupati yang masih sangat muda yang baru genap berusia 32 tahun pada 19 Februari yang lalu ini juga memberikan dukungan dan apresiasi atas inisiatif masyarakat menghadirkan kegiatan yang bermanfaat.

Dalam kunjungannya tersebut, Bupati Dico memberikan apresiasi dan dukungan berupa piala, bola voli serta uang pembinaan. Secara simbolis Bupati Dico memberikan bantuan tersebut kepada panitia kegiatan yang nantinya akan diberikan kepada pemenang turnamen.

Pengembangan SDM dan UMKM

Komitmen dalam bentuk program yang dirancang Bupati Dico untuk mewujudkan visi yang dibawanya jelas bukan perkara mudah. Banyak tantangan yang dihadapi oleh kepala daerah yang terpilih di tengah situasi pandemi Covid-19 serta memiliki masa kerja yang relatif tidak terlalu lama.

Terlebih lagi karena periode yang dijabat Bupati Dico merupakan periode pertama, sehingga banyak hal yang harus dikejar untuk direalisasikan. Namun, berbekal pengalaman serta kemauan yang keras mewujudkan visi yang telah digagas tentu banyak cara dan jalan yang dapat ditempuh untuk dapat mencapainya.

Situasi pandemi sangat mempengaruhi sektor ekonomi masyarakat secara umum, termasuk masyarakat di Kabupaten Kendal. Dampak di sektor ekonomi menjadi yang paling dirasakan oleh hampir semua lapisan masyarakat. Salah satu yang cukup parah terdampak adalah UMKM yang banyak gulung tikar.

Pada kesempatan kunjungan di Desa Lanji tersebut, Bupati Dico menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan masyarakat yang turut memberi jalan terhadap upaya untuk bangkitnya sektor UMKM.

“Tentunya pada kegiatan hari ini sangat mendukung apa yang menjadi visi misi Pemerintah Kabupaten Kendal, pertama UMKM, karena tadi saya masuk banyak UMKM, ternyata banyak sekali potensi UMKM di Desa Lanji ini. Saya selalu sampaikan kepada Pak Camat, Lurah maupun Kades untuk terus mendorong kemajuan UMKM, karena menjadi pendorong ekonomi, mengingat dengan majunya UMKM lapangan kerja terbuka dan masyarakat akan lebih sejahtera lagi,” ujar Bupati Dico.

Selain sektor ekonomi, Bupati Dico juga memberikan perhatian terhadap pengembangan sumberdaya manusia. Pengembangan sumberdaya manusia menjadi salah satu prioritas yang digarap Pemerintah Kabupaten Kendal untuk memastikan generasi penerus di Kabupaten Kendal menjadi generasi yang baik dan unggul.

Dengan lahirnya generasi yang baik dan unggul tentunya dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan Kabupaten Kendal untuk menjadi semakin lebih baik. Kegiatan pemuda yang bernilai positif memang perlu untuk terus digelar, sehingga generasi muda dapat menyalurkan minat serta menjadii ruang beraktualisasi.

Seperti kegiatan olahraga pada umumnya yang menjunjung tinggi sportivitas sebagai nilai utama dalam setiap gelaran event perlombaan. Kemudian kegiatan olahraga juga memberi manfaat karena dapat menyehatkan jasmani dan rohani.

Bupati Dico menerangkan “Jadi kita harus penuhi pemuda dengan kegiatan-kegiatan positif, termasuk kegiatan voli pada hari ini adalah sangat baik sekali, dan kita terus mendorong kegiatan yang baik ini, terutama adalah kegiatan olahraga karena dapat menyehatkan jasmani dan rohani”.

Dalam waktu dekat atau tepatnya pertengahan tahun 2022 juga akan digelar Bupati Cup Turnamen Bola Voli. Bupati Dico meminta para generasi muda untuk dapat menyiapkan kualitas yang baik agar dapat meraih prestasi dan juara. Harapannya kedepan akan lahir atlet-atlet yang mampu membanggakan bangsa dan negara yang berasal dari Kabupaten Kendal.

 

Sumber: https://www.kendalkab.go.id/berita/id/20220313001/bupati_dico_serahkan_bantuan_uang_pembinaan_di_turnamen_lvc_cup_2022

Add Comment