Forum UMKM Ringinarum Gelar Bazar UMKM dan Pasar Murah

Forum UMKM Ringinarum gelar Bazar UMKM dan pasar murah./KENDALKAB.GO.ID

Kendal- Komitmen Pemerintah Kabupaten Kendal dalam mendorong perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Kendal patut diapresiasi. Baru-baru ini Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Pemerintah Kecamatan Ringinarum berkolaborasi bersama Forum UMKM Kecamatan Ringinarum dengan menggelar Bazar UMKM. Kegiatan Bazar UMKM digelar di Desa Caruban, Kecamatan Ringinarum pada Minggu (27/3/2022).

Perkembangan di bidang ekonomi terutama UMKM menjadi sektor bagian yang menjadi prioritas dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. Ekonomi berbasis UMKM disadari atau tidak telah menjadi penopang dari sebagian besar perekonomian penduduk di Indonesia. Sebagian besar masyarakat yang bergerak di sektor perdagangan paling banyak berada di level mikro, kecil dan menengah.

Tantangan yang dihadapi UMKM untuk dapat bertahan di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya berakhir tidaklah mudah. Sejak pandemi menyerang, sektor UMKM terdampak sangat serius, banyak jenis usaha UMKM yang pada akhirnya memilih gulung tikar atau beralih pada jenis usaha yang lainnya.

Upaya untuk dapat memulihkan kondisi perekonomian dilakukan dengan berbagai cara meskipun tantangannya tidak mudah. Meskipun berat upaya memulihkan perekonomian dengan menggerakkan kembali UMKM merupakan langkah yang tepat. Pergerakan ekonomi di level masyarakat yang secara langsung berputar dengan cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari adalah model sirkulasi ekonomi yang baik. Dengan cepat perputaran uang yang terjadi di masyarakat semakin besar peluang untuk mengembalikan keadaan ekonomi masyarakat yang lebih stabil.

Turut hadir dalam kegiatan Bazar UMKM tersebut antara lain Camat Ringinarum, Shobirin, S.Sos., Anggota DPRD Kabupaten Kendal, Sri Rohana, S.Ag., yang juga merupakan Ketua Forum UMKM Kecamatan Ringinarum, Dinas Perdagangan UMKM dan Koperasi Kabupaten Kendal, Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Kendal, para Kepala Desa se Kecamatan Ringinarum, dan diikuti oleh para pelaku UMKM di Kecamatan Ringinarum serta para pelaku UMKM eks-Kawedanan Kecamatan Weleri.

Rangkaian kegiatan Bazar UMKM dimulai dengan acara senam sehat yang diikuti oleh masyarakat Kecamatan Ringinarum dan sekitarnya. Selain itu acara juga dimeriahkan dengan adanya aksi pentas seni dari lembaga pendidikan, baik dari PAUD maupun TK yang ada di Kecamatan Ringinarum.

Menurut Camat Ringinarum, Shobirin yang hadir sekaligus mewakili Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, B.Sc., menyampaikan kegiatan seperti ini ,merupakan kegiatan yang memang sudah ditunggu-tunggu oleh para pelaku UMKM, sehingga harapannya akan dapat lebih memperkenalkan produk-produk UMKM yang ada di Kecamatan Ringinarum.

Masih menurut Shobirin, terlihat bagaimana antusias masyarakat pada kegiatan bazar yang sangat tinggi, sehingga nantinya akan terus dilakukan, dan akan diupayakan untuk lebih ditingkatkan lagi. Terlihat produk-produk lokal yang ditampilkan di bazar juga memiliki tampilan yang bagus dan tidak kalah dari yang lainnya seperti misalnya batik, kemudian untuk makanan juga kemasannya sudah higienis.

“Produk-produk lokal yang ditampilkan sudah bagus, dan kemasannya sudah higienis. Mulai dari produk makanan hingga busana seperti batik yang kualitasnya tidak kalah dengan batik dari daerah lain,” ujar Shobirin.

Camat Shobirin berharap dengan dilaksanakannya kegiatan bazar UMKM membuat perekonomian akan lebih menggeliat, dan ekonomi masyarakat tentunya akan lebih meningkat lagi.

Gelar Pasar Murah

Selain kegiatan Bazar UMKM dalam kegiatan tersebut juga digelar pasar murah. Diketahui penyelenggara kegiatan telah mendistribusikan sebanyak 3000 kupon bagi masyarakat dan para pelaku UMKM di Kecamatan Ringinarum dan sekitarnya. Kupon tersebut nantinya dapat ditukar dengan satu paket sembako yang berisi salah satunya adalah minyak goreng, seperti diketahui saat ini harga minyak goreng sedang melonjak tinggi, sehingga diharapkan dengan pasar murah tersebut dapat membantu para pelaku UMKM. Adapun untuk satu kupon paket sembako seharga Rp. 50.000,-.

Ketua Forum UMKM Kecamatan Ringinarum, Sri Rohana, S.Ag., menjelaskan bahwa kegiatan Bazar UMKM dan pasar murah yang digelar merupakan kerjasama antara Forum UMKM Kecamatan Ringinarum yang dipimpinnya dengan Pemerintah Kecamatan Ringinarum. Pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan Ringinarum dan semua pihak yang telah mendukung dan terlibat dalam acara tersebut, sehingga acara tersebut dapat berjalan dengan baik.

Sri Rohana berharap dengan adanya Bazar UMKM dapat mengacu para pelaku usaha yang ada di desa-desa untuk lebih semangat lagi dalam mengembangkan usahanya.

“Harapannya dengan digelarnya event ini para pelaku usaha dapat mengembangkan usahanya, dan nantinya event ini dapat dilakukan di kecamatan-kecamatan lain, agar perekonomian masyarakat Kendal bisa lebih meningkat”, harap Siti Rohana yang juga merupakan anggota DPRD Kendal.

Apresiasi juga diberikan oleh salah satu pelaku UMKM, Siti Aisah dari Desa Purworejo yang mengikuti bazar dan juga mengucapkan terima kasih kepada Forum UMKM dan Pemerintah Kabupaten Kendal yang telah menyelenggarakan event tersebut yang dinilai sangat bermanfaat.

“Event ini sangat bermanfaat bagi kami, selain sebagai ajang promosi, juga memacu semangat kami untuk lebih mengembangkan usaha agar lebih baik lagi. Saya juga berharap, kegiatan seperti ini harus sering dilakukan, agar para pelaku UMKM bisa naik kelas,” harap Siti Aisah.

Sumber: https://www.kendalkab.go.id/berita/id/20220327003/forum_umkm_ringinarum_bersama_pemerintah_mengelar_bazar_umkm

Add Comment