Diskominfo Dorong Wirausaha Melalui Media Sosial

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kendal kembali menggelar kegiatan Desiminasi Informasi dengan tema “Media Sosial Sebagai Sarana Pengembangan Bisnis” (foto: Diskominfo Kendal)

Pekauman- Dalam rangka menumbuhkan minat berwirausaha generasi muda melalui media sosial, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kendal menggelar kegiatan Desiminasi Informasi dengan tema “Media Sosial Sebagai Sarana Pengembangan Bisnis”, Rabu pagi (20/11/2019). Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Kelurahan Pekauman, Kecamatan Kendal Kota, Kabupaten Kendal.

Dihadiri oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Bekti Retno Mustikasari mewakili Plt. Kepala Diskominfo Kendal, Wiwit Andariyono dan Kepala Seksi Publikasi dan Informasi, Heri Sutoko beserta dengan para staf, serta diikuti oleh 40 orang peserta pelaku usaha dari berbagai Wilayah di Kabupaten Kendal. Menghadirkan dua narasumber dengan pembahasan yang berbeda yaitu Ade Arviand dari Jateng Pos menyampaikan Diksi Promosi dan Thekpillus Hendra dari Gapura Digital menyampaikan materi praktek media sosial untuk usaha.

Heri Sutoko menjelaskan tujuan diadakan kegitan tersebut diantaranya adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang dasar manajemen wirausaha dan meningkatkan wawasan generasi muda untuk berwirausaha melalui media sosial. serta berkontribusi dalam infrmasi pembangunan daerah baik di media mainstream maupun di media sosial.

“Selain itu juga untuk meningkatkan peran generasi muda untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dalam untuk hal-hal yang posilif dan produktif, terutama dalam pengembangan pemasaran secara online, dan meningkatkan peran serta generasi muda di Kabupaten Kendal dalam penyebarluasan informasi pembangunan Kabupaten Kendal di berbagai media yang ada,” ujar Heri Sutoko.

Dalam sambutannya Bekti Retno Mustikasari mewakili Plt. Kepala Diskominfo Kendal menyampaikan kemajuan teknologi dan informasi di era digital sekarang ini tidak ada lagi batasan ruang dan waktu, sehingga mempermudah antara konsumen dalam bertransaksi. Sumber informasi yang sangat melimpah menyediakan manfaat yang besar untuk pengembangan ilmu pengetahuan maupun perekonomian.

“Di era Industri 4.0 yaitu sebuah revolusi industri di abad 21 di mana terjadi perubahan besar-besaran di berbagai bidang Iewat perpaduan teknologi yang mengurangi atau bahkan menghilangkan sekat-sekat antara dunia fisik, digital, dan biologi,” imbuhnya.

Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan Melalui UMKM

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Baperlitbang kendal Winarno. Harapannya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kabupaten kendal belajar mengelola secara profesional produk mereka terutama dalam hal pemasaran yakni product, price, place, dan promotion atau disingkat empat P.

“Kita semua berupaya mewujudkan ekonomi kerakyatan yang maju seperti kabupaten atau kota lain terutama di Jawa Tengah,” tuturnya.

Baperlitbang dan pemerintah kendal bersedia untuk memfasilitai dan mendorong UMKM untuk lebih maju. Dalam hal ini harus ada pengembangan dan inovasi pasar untuk produk-produk UMKM Kabupaten Kendal.

Add Comment